Berita Dari Hendra

Memberikan Ilmu Yang Bermanfaat

Tips Membuat Database dengan MySQL dengan mudah

pada November 21, 2012

Mysql adalah sebuah perangkat lunak untuk mengelola sebuah database manajemen sistem basis data atau DBMS. Database sendiri merupakan hal yang sangat penting dalam pembuatan website. Karna biasanya website yang rancangannya bagus pastilah menggunakan software ini.

Tidak banyak orang yang belajar  mysql ini, dikarnakan harus memiliki ketelitian akan coding coding yang banyak serta rumusannya. Namun jika sudah pandai bermain mysql saya yakin Anda pasti akan bisa menjadi seorang programer yang handal.

Nah, pada kali ini saya akan membuat sebuah table database mysql yang akan digunakan untuk sebuah web. yang baru belajar silakan bergabung dengan saya. langsung saja kita mulai yah :

Langkah pertama buka browser Anda laluk ketikan URL sebagai berikut. http://localhost/phpmyadmin/ (tidak menggunakan internet kok). Jika sudah nanti akan muncul tampilan software mysql, selanjutnya create new database dengan judul apa saja atau kita misalkan saja BELAJAR MYSQL.

Nah, setelah database dibuat pilih lah “name” lalu isi dengan nama “artikel” lalu pada number of fields isi dengan 5 dan klik Go. ini bertujuan untuk membuat fields dan jumlah kolom yang ada pada tabel.

Lalu Anda boleh isi dari setiap fields yang telah disediakan dengan ketentuan, setelah diisi berarti Anda telah membuat sebuah database dari software mysql.

Bagaimana ? mudahkan cara pembuatannya ? iyalah mudah, itu kan saya berikan tanpa pake codingannya, nah sekarang apa kalian bisa membuat database dengan codingannya? ada yang tau ?

HAHAHA… pasti belum yah ?
oke saya akan berikan codingannya, caranya sama kok masih kayak tadi, setelah kita berhasil membuka browser dan isikan URL tadi setelah itu Anda bisa memasukan codingannya seperti dibawah ini :

CREATE TABLE  artikel_cara2 (

id_artikel int(5) NOT NULL auto_increment,

judul_artikel varchar(50) NOT NULL,

isi_artikel text NOT NULL,

kategori_artikel varchar(50) NOT NULL,

tgl date NOT NULL,

PRIMARY KEY  (id_artikel)

);

Tuh silakan Anda tulis codinganya.. hehehe
jika masih ada yang belum dimengerti tenang saja, silakan Anda berikan komentarnya dibawah ini.
Terimakasih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: