Berita Dari Hendra

Memberikan Ilmu Yang Bermanfaat

Membuat Program Penjualan Dengan VB 6.0

pada November 29, 2012

Yang pertama harus saya lakukan, adalah meminta maaf kepada Anda semua karena tertundanya tutorial ini, dalam waktu yang cukup lama. Ada beberapa pekerjaan yang harus saya selesaikan juga terkena virusnya komputer saya, yang tentu saja membutuhkan waktu yang lumayan untuk merestore data-data saya, termasuk data mengenai Tutorial ini. Tapi apapun itu, tentu saja, saya berterima kasih karena Anda masih mau menunggu kelanjutan tutorial ini. Yak, langsung saja jadinya ya.

Pada tutorial sebelumnya kita sudah melakukan penulisan kode program (script) pada form Transaksi Penjualan. Dan kali ini, kita akan mulai mendesain laporan-laporan yang akan dihasilkan oleh program ini. Akan ada 3 (tiga) laporan yang akan kita buat nanti, yaitu Laporan Penjualan Harian, Laporan Penjualan Mingguan dan Laporan Penjualan Bulanan.

Laporan pertama yang akan kita buat, tentu saja adalah Laporan Penjualan Harian. Namun sebelum itu, kita harus menambahkan dulu “komponen” Data Environment dan Data Report pada program kita. Jadi, silahkan klik menu Project, lalu pada submenu yang muncul, pilihlah “Add Data Environment”.

00 - Menubar VB

[01%2520-%2520Menu%2520Add%2520Data%2520Environment%255B6%255D.jpg]

Dan segera sesudah itu akan muncul jendela Data Environment, seperti di bawah ini.

02 - Data Environment 1

Terlihat pada jendela Data Environment tersebut, sudah ada 2 (dua) item yang terdaftar, yaituDataEnvironment1 dan Connection1. Ubahlah dulu properti “Name” Data Environment ini, dari nilai awal “DataEnvirontment1” menjadi “dePenjualan”. Kemudian ubah juga properti “Name” dari “Connection1” menjadi “conPenjualan”. Tampilan sesudah diubah akan menjadi kira-kira seperti di bawah ini:

03 - Data Environment 2

Langkah selanjutnya, adalah mendefinisikan atau menghubungkan Data Environment ini dengan database yang sudah kita buat. Caranya, klik kanan pada item conPenjualan, lalu pada popup menu yang muncul, pilih “Properties”.

04 - Data Environment 3

Dan akan muncul jendela “Data Link Properties”, dengan tab aktif berada pada “Provider”. Pada daftar yang ada, pilihlah “Microsoft Jet 4.0 OLE DB Provider”, lalu klik tombol “Next”.

06 - Data Link Properties 2

Setelah itu, tab “Connection” akan terbuka. Klik lah tombol “” yang berada di samping kanan kotak isian “Select or enter a database name:”.

07 - Data Link Properties 3

Kemudian, pada kotak dialog yang muncul, pindahkan lokasi folder pada folder yang berisi database yang telah kita buat sebelumnya, yaitu pada folder “c:penjualan”, dan pilihlah file “Penjualan.mdb” (extention .mdb mungkin tidak terlihat pada kotak dialog ini), lalu klik tombol “Open”.

08 - Pilih Database

Dan  setelah itu, kotak isian “Select or enter a database name:” akan terisi dengan nama file database kita, lengkap dengan path-nya. Klik tombol “Test Connection” untuk memastikan bahwa koneksi ke database tersebut berhasil dengan baik.

09 - Data Link Properties 4

Akan muncul kotak pesan yang memberitahukan bahwa koneksi dengan database sukses dilakukan. Klik saja tombol OK untuk menutup kotak pesan tersebut.

10 - Connection Success

Langkah selanjutnya, adalah menambahkan “Command” untuk Laporan Penjualan Harian. Caranya adalah dengan meng-klik-kanan (right-click) pada item “conPenjualan”, dan memilih “Add Command” pada popup menu yang muncul.

01 - deHarian 1
Dan sebuah subitem dari conPenjualan akan muncul dengan nama Command1.

02 - deHarian 2

Ubah namanya menjadi cmdHarian.

03 - deHarian 3
Dan klik-kanan pada subitem cmdHarian, lalu pilih Properties, pada popup menu yang muncul.
04 - Klik Kanan - Popup Menu

Kemudian akan muncul jendela “cmdHarian Properties”.

05 - cmdHarian 1
Klik pada pilihan “SQL Statement”.

06 - cmdHarian 2

Dan ketikkan perintah SQL berikut pada kotak isian “SQL Statement:”.

SELECT Penjualan_Detail.Kode_Barang, 
  Barang.Nama_Barang,
  Penjualan_Detail.Jumlah, 
  Barang.Harga,
  (Penjualan_Detail.Jumlah * Barang.Harga) AS Jumlah_Harga
  FROM Penjualan, Penjualan_Detail, Barang
  WHERE Penjualan_Detail.No_Faktur=Penjualan.No_Faktur
  AND Barang.Kode_Barang=Penjualan_Detail.Kode_Barang
  ORDER BY Penjualan.Tanggal DESC

Tampilannya pada jendela cmdHarian akan kira-kira seperti di bawah ini. Klik tombol “Apply” untuk menyimpan perubahan ini.

 

07 - cmdHarian 3

Sekarang, klik-lah tab “Grouping” yang berada di bagian atas dari jendela ini.

07b - cmdHarian 4
Klik checkbox “Group Command Object”.

07c - cmdHarian 5

Kemudian, klik field Penjualan.No_Faktur, Tanggal dan Keterangan (bisa satu-persatu, atau sekaligus tiga-tiganya), lalu pindahkan ke kolom sebelah kanan, dengan cara mengklik tombol “>”. Silahkan klik OK untuk menutup jendela ini. Field-field ini adalah field yang berada pada file transaksi Penjualan

07d - cmdHarian 6
Tampilan sesudah properti SQL diisi, kira-kira akan menjadi seperti di bawah ini.

08 - deHarian 4
Langkah selanjutnya, adalah menambahkan Data Report untuk Laporan Harian. Klik menu Project pada menubar Visual Basic 6.0, dan pilih “Add Data Report” pada submenu yang muncul.

00 - Menubar VB09 - Add Data Report
Akan muncul sebuah jendela DataReport1.

10 - Data Report 1

Seperti biasa, ubah dulu beberapa properti dari DataReport ini, seperti di bawah ini:

 

Tabel

Tampilan sesudah properti-properti tersebut diubah kira-kira akan menjadi seperti di bawah ini:

11 - Data Report 2

DataReport rptHarian ini sudah terhubung dengan database Penjualan dan tabel Penjualan (lewat perintah SQL yang sebelumnya diberikan). Jadi, kita tinggal meletakkan field-field yang diperlukan pada DataReport tersebut.

Sebelumnya, ubah dulu ukuran jendela DataReport ini agar kita lebih leluasa dalam meletakkan field-field nanti.

12 - Data Report 3

Kemudian klik kanan (right-click) pada area kosong (sembarang, asal masih di dalam jendela DataReport), dan pilih “Retrieve Structure” dari popup menu yang muncul.

13 - Data Report 4

Pilih saja “Yes” jika ada pesan konfirmasi yang muncul.

14 - Konfirmasi

Tampilan sesudahnya akan menjadi kira-kira seperti di bawah ini.

15 - Data Report 5
Lalu pilihlah area kosong pada bagian “Detail (cmdHarian_Detail)”, klik kanan di situ. Pada popup menu yang muncul, pilihlah “Insert Control”, lalu pada submenunya, pilih “TextBox”.

16 - Data Report 6

Sesaat kemudian, pada bagian Detail tadi, sudah terletak 1 (satu) field. Namun field ini belum dihubungkan dengan field manapun. Untuk menentukan field mana yang akan muncul pada textbox tadi, lakukan dulu perubahan pada properti “DataMember”. Isilah dengan “cmdHarian” (Anda dapat memilihnya dari combobox yang ada pada baris properti tersebut). Kemudian ubah juga properti “DataField”, dengan mengisinya dengan “Penjualan_Detail.Kode_Barang” (Anda juga dapat memilihnya dari combobox yang tersedia pada baris properti tersebut). Untuk properti lainnya bisa dibiarkan.

17 - Data Report 7
Tampilan sesudahnya akan menjadi kira-kira seperti di bawah ini.

18 - Data Report 8

Nah, ulangi langkah-langkah di atas, untuk field-field Nama_Barang, Jumlah, dan Harga. Setelah itu, khusus untuk field Jumlah dan field Harga, ubah juga properti-properti lainnya nya sebagai berikut:
Tabel2
Tampilan sesudahnya akan menjadi kira-kira seperti di bawah ini.

19 - Data Report 9

Selanjutnya, kita akan membuat garis pembatas antar record. Jadi, klik kanan di area kosong pada bagianDetail (cmdHarian_Detail), lalu pilih “Insert Control” pada popup menu yang muncul, dan pilih “Line” pada submenunya.

20 - Data Report 1021 - Data Report 11

Kemudian, aturlah garis yang muncul, agar letaknya kira-kira seperti di bawah ini.

22 - Data Report 12

Setelah itu, rapatkan atau persempit area Detail (cmdHarian_Detail) menjadi kira-kira seperti di bawah ini:

23 - Data Report 13

Langkah selanjutnya adalah membuat Table Header untuk laporan ini. Kita akan menempatkan label yang berisi keterangan atau judul dari masing-masing field yang sudah ditambahkan sebelumnya, juga beberapa keterangan tambahan. Jadi sekarang lakukan klik kanan di area kosong pada bagian header tersebut, kemudian pada popup menu yang muncul, pilih “Insert Control”, lalu pilih lagi “Label”.

25 - Data Report 15

Tampilannya setelah itu akan menjadi kira-kira seperti di bawah ini.

26 - Data Report 16

Ubah caption dari “Label1” menjadi “Nomor Faktur :”, seperti di bawah ini.

27 - Data Report 17
Setelah itu, kita akan memasukkan field No_Faktur di sampingnya. Jadi, silahkan klik kanan lagi di area kosong pada bagian Group Header, lalu pilih Insert Control pada popup menu yang muncul, dan pilih lagi TextBox pada submenunya.

28 - Data Report 18

Tampilannya akan menjadi kira-kira seperti di bawah ini.

29 - Data Report 19
Terlihat di situ bahwa textbox tersebut belum terhubung dengan field manapun, yang ditangai dengan caption-nya yang bertuliskan “Unbound”. Untuk menghubungkannya dengan field No_Faktur, dengan textbox yang masih terpilih, silahkan klik pada jendela properties, lalu pada item properti DataField, pilihlah No_Faktur, dari combobox yang tersedia.

30 - Data Report 20

Tempilannya setelah itu akan menjadi kira-kira seperti di bawah ini:

31 - Data Report 21
Sekarang, karena keterangan untuk Nomor Faktur beserta field-nya sudah terhubung, silahkan ulangi lagi langkah-langkah di atas, mulai dari langkah klik kanan pada area Group Header, dan memilih menu Insert Control dan memilih lagi pilihan Label, sampai pada langkah memilih DataField dari combobox yang tersedia. Lakukan langkah-langkah tersebut untuk memasukkan keterangan tentang Tanggal Faktur. Buat agar menjadi kira-kira seperti di bawah ini.

32 - Data Report 22

Setelah itu, untuk memperjelas tiap field / textbox yang berada di bagian Detail, kita juga akan memberikan keterangan dari tiap textbox / field tersebut, di mana keterangan tersebut juga akan kita tempatkan pada bagian Group Header. Jadi, silahkan klik kanan lagi pada area kosong di bagian Group Header, lalu pilih Insert Control, dan pilih lagi Label pada menu yang ada. Tampilannya akan menjadi kira-kira seperti di bawah ini:

33 - Data Report 23

Ubah caption-nya menjadi Kode Barang, seperti di bawah ini.

34 - Data Report 24

Ulangi langkah tersebut, masing-masing untuk “Nama Barang”, “Jumlah”, “Harga” dan “Jum. Harga”, sehingga tampilannya akan menjadi seperti di bawah ini. Jika perlu, Anda bisa mengubah properti Font dari masing-masing label tersebut menjadi Arial-Bold 8 points. Anda bisa mengubahnya, tentunya pada jendela Properties, dengan masing-masing label yang masih terpilih (selected).

35 - Data Report 25

Untuk mempermanis tampilan, kita akan menambahkan kontrol Shape sebagai latar belakang dari label-label tersebut. Untuk itu, silahkan klik kanan pada area kosong, masih di bagian Group Header. Lalu pada popup menu yang muncul, pilihlah Insert Control, dan pilih lagi Shape, pada submenu yang tersedia.

36 - Data Report 26

Tampilannya sesudah itu akan menjadi kira-kira seperti di bawah ini.

37 - Data Report 27

Terlihat di situ sudah ada sebuah “kotak” yang muncul. Sekarang pindahkan kotak tersebut sehingga letaknya akan menjadi melingkupi label Kode Barang yang berada di bawahnya.

38 - Data Report 28

Tariklah bagian kanan dari kotak tersebut, untuk memperluas atau menambah panjang dari kotak tersebut.

39 - Data Report 29

Sekarang, kita akan memberikan warna pada kotak tersebut. Dengan kotak tersebut yang masih terpilih, beralihlah pada jendela Properties, lalu ubah item properti BackColor menjadi warna abu-abu. Anda dapat memilih warna lain sesuka Anda. Saya di sini memilih warna abu-abu yang berada pada baris ke tiga di kolom pertama.

41 - Data Report 31

Ubah juga properti BackStyle-nya menjadi “1 – rptBkOpaque”.

40 - Data Report 30

Tampilannya pada jendela report designer, akan menjadi seperti di bawah ini.

42 - Data Report 32

Terlihat di situ bahwa tulisan yang sebelumnya ada dan kita jadikan keterangan, malah tertutupi oleh kotak abu-abu tersebut. Untuk itu, kita akan mengatur agar kotak tersebut berada di bagian bawah dari label-label yang telah kita buat sebelumnya. Caranya adalah dengan melakukan klik-kanan pada kontrol shape / kotak tersebut, dan memilih Send to Back, pada popup menu yang muncul.

43 - Data Report 33

Setelah itu, akan nampak bahwa sekarang label-label yang sebelumnya kita buat, sudah terlihat / muncul kembali.

44 - Data Report 34

Untuk lebih mempermanis lagi, Anda dapat memperbesar sedikit tinggi dari kotak tersebut, sehingga akan menjadi seperti di bawah ini.

45 - Data Report 35

Laporan ini, untuk sementara sudah selesai. Namun kita belum dapat menampilkannya pada program yang kita buat. Untuk itu, buka lagi form frmUtama, lalu klik pada menu Laporan, dan klik lagi pada submenuLaporan Penjualan Harian.

46 - Buat Script Menu Laporan Harian

Setelah itu, akan terbuka jendela Code Editor, untuk prosedur mnuLaporanPenjualanHarian_Click.

47 - Script Kosong Menu Laporan Harian

Pada area antara Private Sub dan End Sub, ketikkan kode berikut ini:

    rptHarian.Show vbModal

Tampilannya akan menjadi kita-kira seperti di bawah ini.

48 - Script Menu Laporan Harian

Setelah itu, Anda dapat mengujinya, dengan cara running program ini, dan mengklik menu Laporan dan memilih submenu Laporan Penjualan Harian. Tampilan yang muncul mungkin saja bisa berbeda, tergantung berapa banyak data yang sudah Anda masukkan ke dalam database program ini. Namun secara garis besar, akan seperti gambar di bawah ini.

50 - Tampilan Laporan Harian

Untuk sementara, desain dan pembuatan Laporan Bagian 1 ini selesai sampai di sini. Pada tutorial berikutnya, kita akan menambahkan form tersendiri untuk pencetakan Laporan Penjualan Harian ini. Dan karena ada form baru, maka tentu saja akan ada script tambahan juga. Jadi… sampai bertemu pada tutorial berikutnya ya. Jangan lupa untuk menyimpan dulu hasil pekerjaan Anda.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: